WELCOME to The Rieff McCartney blog (the official BEATLES lover's)

Welcome to the great blog in the world. You can find more information here,about Love,Fammily,your self and very interisting is THE BEATLES,because the big boss this blog is THE BIG FANS OF THE BEATLES and Specially ROMA'S ULTRAS. so,have fun buddies ^_^ FORZA ROMA

Wednesday 29 February 2012

3 alasan BLOGER harus nyoba blog detik





Gue pernah ngeblog di blogspot, dan gue yang pasti tau banget apa itu kesenjangan pengunjung.  Apa lagi buat pemula yang belum mengerti apa – apa tentang blog.
Belum tahu Ngeblog
hal yang selalu dibayangkan adalah ngeblog itu membosankan, ngeblog itu kurang kerjaan, ngeblog itu nggak ngehasilin apa - apa, Ngeblog itu Cuma buat sekedar majang “ Ini loh alamat blog gue” di profile atau kartu nama. Jadingapain sih Ngeblog? Nyape – nyapein aja.
Giliran Sudah mulai ngeblog dan mulai rajin – rajinnya update blog.
“Ah, males banget gue, blog gue sepi, nggak ada yang ngomentarin”
“Ah, males banget gue , Blog gue jelek ”
“Aduh siapa sih yang mau baca blog gue?”
“Ah, blog yang itu bagus banget”
“Aduh blog yang itu desainnya keren banget”
“Ah , iri banget ngeliat Blog si A”
“Aduh kok bisa sih Blog itu pengunjungnya rame terus?”
“Ah gue pengen punya Blog kayak gitu” Dan seterusnya.

SLEEP DAMMIT by =TheMagpieGrimoire
Berbagai macam kegalauan sewaktu ngeblog itu banyak banget. Wajar , gue Cuma bisa bilang begitu, karena ngeblog itu nggak jauh - jauh seperti  ngebangun sebuah Toko, dimana untuk membangunnya tidak cukup hanya sekedar asal jualan dan asal jadi. Harus ditentukan bener - bener, apa barang yang ingin di jual, letak tokonya yang strategis dan lain – lain. Berikut ini adalah beberapa kendala yang “Normatif” yang membuat Orang Galau waktu pertama kali Ngeblog.

1. TEMPLATE
Di Blogspot “Biasanya saat pertama kali ngeblog  pemula cenderung mikirin desain template yang bagus dulu ketimbang nyiapin artikel apa yang ingin di tulis. Biasa untuk memperbagus templatenya si Pemula akan cari tutorial – tutorial ngedesain di google, . Dan alhasil bertemulah mereka dengan Blog – Blog yang sudah lama jadi yang desainnya ramah, keren dan sebagainya, sehingga rasa ingin mempunyai Blog dengan Desain yang sama kerennya pun jadi acuan.
Si Pemula pun jadi terpancing memasang widget – widget aneh, Seperti :
MP3 Player, Gue pernah berkunjung ke Sebuah Blog, dan tiba – tiba terdengar suara – suara ala film horor semacem kuntilanak dan teman – temannya, belum sampai satu menit, gue udah mutusin buat ninggalin tuh Blog. Bukan saja karena terggangu karena lagu yang gue denger di windows ditimpa , koneksi lemot loading page untuk membuka halaman blog tersebut pun sangat jadi malas untuk gue teruskan.
BackGround, Gue pun sering banget liat background segede papan tulis di belakang halaman entah apa fungsinya. Udah gitu, ditimpa pula dengan jam, kalender, malah kadang ada iklan ” Memperbesar Bla - bla - bla dan bergaransi”, gila kali tuh iklan dan segala macem hal - hal yang bikin pengunjung eneg berlama - lama di blog tersebut, kalau kata seven ikan sih “nggak – nggak nggak kuat, nggak - nggak - nggak level”.

Biasanya gue sih langsung tutup kalau ketemu blog yang sejenis ini, sumpah kalau gue ingin bilang sesuatu , gue cuma pingin banget bilang “ Gan, Blognya 4l4y banget”
Kebanyakan Desain di sana – desain ini, terlalu banyak Copas script dan  hmtl yang ga jelas. Rombak terus artikel nomor sekian.
Sedangkan Di Blogdetik, gue nggak perlu repot  mikirin template, toh templatenya di Blogdetik udah banyak  banget dan Nggak jelek kok, meskipun memang sih nggak serunya kita nggak bisa bisa upload themes sebebas di Blogspot.
Urusan Ngedesain, ah  simple banget. Paling gue cuma perlu desain header dan itu pun kalau memang nggak perlu header biasa pun tetep ok kok, nggak masalah juga selama masih punya judul yang jelas.

Buat gue pribadi sih yang penting, gue nggak perlu copas script sana - sini buat masang widget sejenis postingan terbaru, recent komenter dll.

2. Komentar

Ngerasa hampa karena Blog jauh dari komentar itu IbaratMenunggu air hujan yang jatuh dari langit, atau Sendiri seperti rumput kecil yang tumbuh di gurun pasir yang sepi, oh..” wakaka Ngenes banget.

Bayangkan, kita Sudah susah payah pasang script widget khusus menampilkan komentar, eh ternyata widget itu nggak berjalan dengan semestinya. Karena yang komentar nyaris nggak ada. Menyakitkan.

Sebagai pemula gue sih CTA alias Cukup tahu ajah betapa bahagainya kalau suatu hari ada komentar masuk di blog gue. Meskipun itu Cuma ya cuma “ PERTAMAX GAN !, WAW NICE INFO !, Ingin bisnis sambil tidur? Atau mungkin Cuma iklan – iklan nggak jelas”.

So, Nilai positifnya adalah

“Blog itu hidup bukan karena Desain ataupun widgetnya, bukan juga seberapa menarik dan cantiknya tampilan blog tersebut, tapi sesungguhya Postingan yang bermutulah yang membuatnya hidup”.

Ibarat cinta, “Nggak penting seberapa cantik atau Gantengnya seseorang itu dimata kita, tetapi yang penting seberapa tuluskah hatinya mencintai kita?”

Haha, intinya Semakin sering kita update maka semakin besar juga kemungkinan komentar yang bisa masuk. Tentu saja, semakin hidup jugalah blog kita.
Eits, Sedangkan di Blogdetik, Gue ga perlu mikirin lagi komentar, karena postingan gue pasti nyebar kemana - kemana. Ya iyalah, tiap gue posting artikel, maka linknya pasti nongol di halaman blogdetik tepatnya di kolom postingan terbaru. Belum lagi kalau artikel yang ditulis sifatnya informatif, so pasti bakalan di tweet sama mas – mas admin @Blogdetik haha. Kadang kalau artikel itu masih hot banget, kita biasanya akan kebanjiran visitor dengan sendirinya karena artikel yang kita tulis dimasukin ke detik.com. Kalau sudah kebanjiran visitor yang namanya komentar pasti bakalan banyak, hahahaasik dah.
3. Headline
headline
Blogspot ,Motivasi untuk menulis artikel yang benar - benar original agak meredup. Tulisan tangan hasil sendiri sepertinya nggak berharga banget, karena memang nggak ada yang baca. Nggak heran kalau  kebanyakan orang yang baru pertama kali ngeblog artikelnya pasti kebanyakan kopas. Kalau di ibaratkan sesuatu mungkin seperti ini.

Sebagus - bagusnya tulisan kita tetap aja, seperti pepatah yang mengatakan “Kamu itu cantik, kamu itu manis tapi sayang cuma kamu yang tahu” atau mungkin, “ Kamu itu cantik, kamu itu manis tapi sayang nggak ada yang mau liat !”  oh itu ejekan ya bukan pepatah haha nyesek abis.



Berbeda dengan Blogdetik, yang punya kolom headline, kolom yang bakalan majang 3 artikel terpilih untuk di pajang di halaman depan. Kalau sudah begitu Siap - siap aja, trafik kunjungan blog meningkat. Ada kata – kata asing dari orang yang tidak dikenal masuk dan berkomentar di blog kamu. Waspada juga karena blog anda akan di serbu oleh ratusan orang yang tidak dikenal !!. Waspadalah, Waspadalah !!.

Nggak Cuma Postingan Original aja, postingan hasil copas pun kadang – kadang bisa masuk Headline. Contohnya gue kemaren yang iseng – iseng ngeshare artikel hasil kopas eh ternyata langsung masuk headline (jujur banget ya gue), tetapi untungnya gue ngerasa malu sendiri dan mulai tobat buat copas kecuali mengutip, loh apa bedanya? beda dong hehe.  Intinya mulai belajar berkaryalah dengan karya mu sendiri.
Tulisan yang kita buat pun nggak mesti baku banget juga nggak, mesti harus sesuai kamus dan sastra juga nggak juga, yang penting berkaryalah sesuai hati dan jiwa membawa mu. Jangan malu untuk berkarya lebih gila lagi :).

Biasanya, Bagi yang sudah merasakan bagaimana girangnya merasakan Sensasi headline, pasti bakalan ketagihan untuk menulis postingan yang lebih bermutu lagi agar bisa kembali masuk headline. So, sudah saatnya menulis dengan tulisan yang lebih original di blog anda.

2 comments: